PEMIKIRAN MODERATIF USHUL FIQH IBN RUSYD DALAM PEMBENTUKAN HUKUM

Su'eb Su'eb

Abstract


Artikel ini menjelaskan gagasan moderatif Ibn Rusy dalam pembentuk hukum, pasalnya Ushul fiqih mempunyai peranan yang sangat penting di dalam ilmu Islam. Hal ini adalah wajar karena hukum Islam berlaku sampai akhir zaman. Padahal di dalam kehidupan manusia selalu akan terjadi perubahan tata sosial masyarakat,sehingga selalu muncul persoalan-persoalan baru di dalam masyarakat. Tulisan bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa metode yang digunakan Ibnu Rusyd dalam memutuskan suatu masalah hukum syar’i. artikel ini merupakan penelitian pusataka yang menggunakan metode interpretasi dalam melakukan pembacaan atas pemikiran ibn Rusy yagn dikenal sebagai seorang ahli fiqih sudah tidak bisa diragukan lagi dengan karyanya yang terkenal Bidâyah al-Mujtahid wa Nihâyah al-Muqtashid yangmerupakan sebuah kitab fiqih perbandingan. Artikel ini menunjukkan bahwa Ibnu Rusyd dalam menetapkan sebuah hukum Islam menggunakan Al-Qur’ân dan al-Sunnah sebagai dasar utama dan menggunakan paradigma moderatif dalam membentuk hukum Islam.


Full Text:

1-11 PDF

References


A Hanafi, Pengantar Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1969.

Abbas Mahmud al-Aqqad, Ibnu Rusyd Sang Filsuf, Mistikus, Fakih, dan Dokter, alih bahasa Khalifurrahman Fath, Yogyakarta: C.V. Qalam, 2003

Abd al-Wahid al-Murakisy, al-Mujib fi Talkhish Akhbar al-Magrib. Cairo: Dar al-Sya’b, 1964.

Abu Dawud Sulaimân, Sunan Abi Dawud. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

Ahmad Hasan, The Early Development of Islamic Jurisprudence. New Delhi: Adam Publisher & distributor, 1994.

Ghazâlî, Muhammad bin Muhammad Abu Hâmid, al-, Al-Mustashfa fî ’Ilmi al-Ushûl.Kairo: Al-Matba’ah al-Amiriyah, 1324 H.

Hassan Hanafi, Min Naqli Ila Al-Ibda’, Kairo Dar Quab’ li al-Thaba’ah, 2001

Ibnu Rusyd, Bidâyah al-Mujtahid. alih bahasa Imam Ghazali, dan Achmad Zaidun, Jakarta: Pustaka Amani, 2002.

Ibnu Rusyd, Mukadimah Bidâyah al-Mujtahid. alih bahasa A. Hanafi, Jakarta: Bulan Bintang, 1967.

Ibnu Rusyd, al-Dharuri fi Ushul Fiqh,Libanon Bairut : Dar al Ghirb 1994

Muhammad Abu Zahrah, Ushul Fiqih.alih bahasa Saefullah Ma’shum dkk., cet. IX, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005.

Muhammad Khudari Bik, Ushul al-Fiqh.Beirut: Dar al-Fikr, 1981.

Muhammad Roy, Ushul Fiqih Madzhab Aristoteles. Yogyakarta: Safiria Insania Press., 2004

Muhammad Abdi al-Salam Abdu al-Safi, Libanon-Beyrut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2000, hlm. 6-11.

Umdah El-Baroroh, Tadarus Ramadan JIL Seri III Fiqh Ibnu Rusyd: Antara Konservatisme dan Liberalisme, http://islamlib.com/id/index.php?page=article&id=931.

Usman Iskandar, Istihsan dan Pembaharuan Hukum Islam.Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa, 1994.

Zainal Abidin Ahmad, Riwayat Hidup Ibn Rusyd Averroes Filsuf Islam Terbesar di Barat.Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Zaynab Mahmud al-Khadiri, Atsar Ibnu Rusyd fi Falsafah al-Ashr al-Wustha, Beyrut: Dar al-Tanwir, 2007

Anton Jama, MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF USUL FIQH: Membangun Dialektika dan Menemukan Titik Temu, Jurnal Proceeding of Dirundeng International Conference on Islamic Studies (DICIS 2021)

Johari, Moderasi Agama Dalam Perspektif Fiqh (Analisis Konsep Al-Tsawabit dan Al-Mutaghayyirat dalam Fiqh serta Penerapannya Pada Masa Pandemi Covid-19), Jurnal An-Nida’ 2020 Vol. 44 No. 2.

Moh Muhtador, TEO-SOSIOLOGI SEBAGAI BASIS MODERASI BERAGAMA DI TENGAH PANDEMIK COVID 19 , jurnal Ijtima’iyya, Vol. 14, No. 2, Desember 2021

Moderasi Beragama, (Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia, 2019).

Muhammad Quraish Shihab, Wasathiyyah; Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama, (Jakarta: Lentera Hati, 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.